Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Produk Olahan Sagu

  • Suwandi Suwandi Universitas Mega Buana Palopo
  • Ariyanto Dangkeng Universitas Mega Buana Palopo
  • Muh Ramli Universitas Mega Buana Palopo

Abstract

Sagu diolah menjadi makanan pokok masyarakat kota Palopo yakni kapurung, sinole dan diolah juga menjadi kue tradisional seperti ongol–ongol, cakko cakko,  cendol, produk lainnya, sagu juga diolah menjadi produk olahan misalnya diolah menjadi kue Bagea dapat yang dipasarkan di wilayah Kota Palopo dan sekitarnya. Produk ini masih dikelola oleh rumah tangga sehingga proses produksi maupun pengemasan, masih sangat sederhana, sehingga diperlukan peningkatan penegmbagan usaha serta peningkatan daya saing produk di pasaran. Sangat diperlukan upaya untuk melatih dan mendampingi masyarakat dalam pembuatan produk olahan sagu yang merupakan salah satu bahan baku lokal.  Pengabdian ini dilaksanakan di wilayah Kelurahan Luminda pada bulan Desember 2021. Sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakah 30 orang kelompok ibu rumah tangga dari Kelurahan Luminda yang dilatih oleh pelaku UMKM. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini meliputi: Tim pengabdian berkoordinasi dengan mitra untuk mengatur jadwal kegiatan pendampingan, mengadakan pelatihan pembuatan produk dari bahan sagu, demonstrasi pembuatan kue berbahan sagu, diskusi tanya jawab.  Dengan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dapat meningkatkan keterampilan ibu-ibu rumah tangga dalam pembuatan produk. Dengan adanya kegiatan ini maka dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan ekonomi berbasis kearifan lokal. Dengan adanya kegiatan ini maka dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

References

Arifin, Anwar., 2006. Ilmu Komunikasi sebuah Pengantar Ringkas. Rajawali Pers, Jakarta.
Bantacut,T. 2011. Sagu: Sumberdaya untuk Penganekaragaman Pangan Pokok. Penebar Swadaya: Jakarta.
Almasri dan Devi Deswimar., 2014. Peran Program Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam Pembangunan Pedesaan. Jurnal El-Riyasah, Juni 2014 Volume 5 No. 1 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Riau.
Fatah, Luthfi.,2006. Dinamika Pembangunan Pertanian dan Pedesaan. Jurusan Sosek Fakultas Pertanian, Universitas Lambung Mangkurat dengan Pustaka Banua. Cetakan Pertama, September 2006.
Irnawati, Muhammad Syahrul, Marlinda, Indah Eka Budiarti. 2018. Studi Pengolahan Sagu (Metroxylon sp) oleh Masyarakat Kampung Malawar Distrik Makbon Kabupaten Sorong. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Volume 2 Nomor 1 Februari 2018.

Khaeriyah Darwis dan Andi Rahayu Anwar, 2018. Pelatihan Olahan Sawi Hijau Untuk Menubuhkan Jiwa Wirausaha pada Kelompok Wanita Tani MT. Almuhajirin di Kelurahan Tamalanrea Jaya. Vol. 1 Nomor 2 Tahun 2018. P-ISSN : 2598-1218, e-ISSN : 2598-1226. Jurnal Martabe Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
Mardikanto, Totok dan Poerwoko, Soebiato.,2013. Pemberdayaan Masyarakat dalam Persfektif Kebijakan Publik. Penerbit Alfabeta, Bandung.
Suryana, Achmad., 2014. Menuju Ketahanan Pangan Indonesia Berkelanjutan 2025, tantangan dan Penanganannya. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, Volue 32 No.2, Desember 2014. Halaman 123-135.
Published
2023-06-04