Penyuluhan Dalam Peningkatan Pengetahuan Tindakan Petani Terkait Pentingnya Menerapkan Alat Pelindung Diri Dari Bahaya Pestisida Di Desa Ilanbatu Uru Kabupaten Luwu

  • Nur Al Mughni Fakultas Kesehatan Universitas Mega Buana Palopo

Abstract

Pestisida ialah subtansi kimia dan bahan lain serta jazad renik dan virus yang diterapkan untuk mengendalikan berbagai organisme pengganggu tanaman serta dipakai untuk mematikan hama, seperti serangga, tumbuhan dan hewan. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dalam tindakan petani terkait pentingnya menerapkan Alat Pelindung Diri (APD) dari bahaya pestisida di desa Ilanbatu Uru Tahun 2023. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan penyuluhan kepada 32 petani. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum penyuluhan 16.97 dan setelah penyulahan yaitu 20,72. Sehingga dengan memberikan penyuluhan maka dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang tindakan petani di desa Ilanbatu Uru terkait penerapan APD dari bahaya pestisida.

References

Djojosumarto, P. (2008). Panduan lengkap pestisida & aplikasinya. Jakarta: Agromedia Pustaka.
Agromedia. Mahyuni, E. L. (2015). Faktor risiko dalam penerapan pestisida pada petani di Berastagi Kabupaten Karo 2014. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 9(1), 25014.
Pasanda, A. (2016). Perbedaan pengetahuan, sikap dan perilaku penjamah makanan sesudah diberikan penyuluhan personal hygiene di hotel patra jasa semarang. Skripsi.
Akal, Y. G. 2005. Pengetahuan, Tindakan Dan Persepsi Masyarakat Tentang Kejadian Malaria Dalam Kaitannya Dengan Kondisi Lingkungan: Stndi di Puskesmas Puu Weri Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat Propinsi Nusa Tenggara Timor (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi
Mochammad Iqbal M.S 2014. Gambaran Faktor-Faktor Perilaku Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja di Departemen Metalforming PT. Dirgantara Indonesia (Persero) Tahun 2014.Alat Pelindung Diri (APD) pada pekerja di Departemen Metalforming PT. DIRGANTARA INDONESIA (PERSERO). Skripsi
Roy, Maranata 2014. Perilaku petani dalam penerapan pestisida dan Alat Pelindung Diri (APD) serta keluhan kesehatan petani di Desa Sukajulu Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo tahun 2014. Skripsi
Theresia, Veronika 2015. Gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan terhadap pemakaian alat pelindung diri dalam penanganan sampah medis pada petugas cleaning servis di RSUD Dr. PIRNGADI MEDAN TAHUN 2015 skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.
Afrianto, D. 2014. Pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan petani paprika di desa Kumbo-Pasuruan terkait penerapan alat pelindung diri (APD) dari bahaya pestisida tahun 2014.
Oktaviani, R., & Pawenang, E. T. (2020). Risiko Gejala Keracunan Pestisida pada Petani Greenhouse. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(2), 178-188.
Widiastuty, L., Ekasari, R., Ibrahim, I. A., Karini, T. A., Adnan, Y., & Azwar, M. (2022). Keracunan Pestisida Pada Petani Bawang Merah di Desa Pasui Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. HIGIENE: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(1), 47-54.
Prabandari, A. W., Hastuti, S., & Widyastuti, Y. (2018). Pengaruh pemberian penyuluhan dengan media video dan booklet terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja di SMK 2 Muhammadiyah Bantul (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).
Taqwin, M. (2013). Identifikasi Residu Pestisida Dieldrin Dalam Beras Lokal Dan Beras Impor Di Pasar Terong Dan Lotte Mart Kota Makassar Tahun 2013 (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Permata, V. (2021). Studi Literatur Identifikasi Faktor-faktor Yang Memengaruhi Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Petani Saat Penyemprotan Pestisida (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Sahuri, S., & Sahna, S. A. (2021). Efektivitas Program Penyuluhan Penerapan Alat Pelindung Diri (APD) pada Petani Bawang Merah saat Pemberian Pestisida di Desa Tegalglagah. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 20(3), 111-117.
Fikri, M. R. A., Sulandjari, K., & Dahlia, E. (2021). Respon Petani terhadap Penyuluhan Penerapan Pestisida Secara Baik dan Benar di Kelompok Tani Mukti Desa Cibuntu Kabupaten Purwakarta. Jurnal Agrimanex: Agribusiness, Rural Management, and Development Extension, 2(1), 50-58.
Supangat, S., Firdaus, J., Sakinah, E. N., Inreswari, L., & Prasetyo, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Buruh Tani Akan Bahaya Pestisida dan Penerapan Alat Pelindung Diri Yang Benar Melalui Penyuluhan. Journal of Community Development, 3(3), 279-284.
Maharani, F. D., Sulistyaningsih, E., & Prayitno, H. (2020). Gambaran Karakteristik, Pengetahuan, Dan Sikap Petani Pengguna Pestisida Di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Multidisciplinary Journal, 3(2), 71-74.
Published
2023-12-26