Atasi Stunting Melalui Penyuluhan Kesehatan Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) pada Ibu Bayi dan Balita

  • Vinny Alvionita Universitas Mega Buana Palopo

Abstract

Pola asuh ibu memainkan peran penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.  Pengetahuan yang tidak memadai dan praktik-praktik yang tidak tepat dapat  dilakukan oleh ibu dalam pemberian MP-ASI pada balita. Tujuan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan pengetahuan ibu bayi dan balita tentang pemberian MP-ASI sebagai pencegahan dan penanganan stunting. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi pre tes pada awal kegiatan untuk mengetahui pengetahuan awal peserta sebelum diberikan edukasi kesehatan, kemudian dilakukan edukasi kesehatan berupa penyuluhan tentang materi MP-ASI yaitu pengertian ASI eksklusif, pengertian MP-ASI, waktu yang tepat untuk pemberian MP-ASI dan praktik pemberian MP-ASI (mutu atau kandungan  MP-ASI, cara pemberian dan masalah dalam pengolahan makanan). Setelah peyuluhan selesai dilanjutkan dengan post tes untuk mengukur pengetahuan peserta setelah diberikan intervensi. Hasil kegiatan diperoleh peningkatan pengetahuan peserta yang sebelumnya memiliki tingkat pengetahuan baik dengan presentase 13,6% setelah dilakukan penyuluhan kesehatan tingkat pengetahuan peserta menjadi baik dengan presentase 86,3%. Kesimpulan: Semua peserta dalam kegiatan pengabdian masyarakat dapat memahami tentang pemberian MP-ASI pada bayi dan balita serta memiliki keinginan untuk dapat menerapkan atau mempraktikkan pengolahan MP-ASI dalam kehidupan sehari-harinya. Saran dari kegiatan pengabdian ini adalah diharapkan selalu ada upaya bersama untuk memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, terkhusus permasalahn pencegahan stunting dengan sasaran ibu sebelum hamil, ibu hamil dan ibu bayi dan balita.

References

Alvionita, V., Khair, U., Erviany, N., Lestari, I. V., Rahmah, N., Ramadhani, A. A., Syafitri, E. D., & Citra, B. (2023). Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Dalam Rangka Dies Natalis Akademi Kebidanan Menara Primadani XV Sebagai Upaya Mencegah dan Menekan Kejadian Stunting Pada Masyarakat Desa Mattabulu akademik . Dengan diadakannya acara Dies natalis XV , Akademi Kebidana. Ahmar Metakarya:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 97–106.
Arini, F. A., Sofianita, N. I., & Bahrul Ilmi, I. M. (2017). Pengaruh Pelatihan Pemberian MP ASI Kepada Ibu dengan Anak Baduta Di Kecamatan Sukmajaya Kota Depok Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Pemberian MP ASI. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 13(1), 80. https://doi.org/10.24853/jkk.13.1.80-89
Azwar, A. (2016). Kecenderungan masalah gizi dan tantangan di masa datang. Disampaikan Pada Pertemuan Advokasi Program Perbaikan Gizi Menuju Keluarga Sadar Gizi. September, 1–16.
Fitri, L., & Ernita. (2019). Hubungan pemberian ASI eksklusif dan MP-ASI dini dengan kejadian stunting pada balita. Jurnal Ilmu Kebidanan, 8(1), 19–24.
Istanti, N. (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Pada Anak. MIKKI: Majalah Ilmu Keperawatan dan Kesehatan Indonesia, 08(2), 69–75.
Kostania, G., & Rahayu, R. D. (2018). Efektifitas Penyelenggaraan Kelas Ibu Balita Terhadap Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Tentang Mp-Asi Usia 6-12 Bulan. Jurnal Ilmiah Bidan, III(3), 11. https://ibi.or.id/journal/index.php/jib/article/download/71/63
Lestiarini, S., & Sulistyorini, Y. (2020). Perilaku Ibu pada Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) di Kelurahan Pegirian. Mega Buana Journal of Innovation and Community Service, 8(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.1-11
Ramdhani, A., Handayani, H., & Setiawan, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Stunting. LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, ISBN: 978-, 28–35.
Suardi, A., Rini, P., Alvionita, V., Wahyuni, S., Erviany, N., & Harahap, N. A. (2023). Mengenal Gizi dalam Kesehatan Reproduksi (1 ط.). Global Eksekutif Teknologi.
Tristanti, I. (2018). Pengetahuan Ibu tentang Makanan Pendamping ASI bagi Bayi Umur 6-12 Bulan ditinjau dari Karakteristik Ibu. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 9(1), 66–74.
Yazia, V., & Suryan, U. (2024). Pola Pemberian Makanan Pendamping ASI berhubungan dengan Status Gizi Balita Usia Diatas 24 Bulan. Jurnal Keperawatan, 16, 95–106.
Published
2023-12-27