ANALISIS YURIDIS PERAN PEMERINTAH PADA PEMBINAAN OLAHRAGA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 3 TAHUN 2005 TENTANG SISTEM KEOLAHRAGAAN NASIONAL (Studi Penelitian Dispora Kota Palopo)

  • Hasmawati Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma, Palopo
  • Sunarding Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Andi Djemma, Palopo
Keywords: peran pemerintah daerah; pembinaan olahraga, undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional

Abstract

Analisis Yuridis Peran Pemerintah pada Pembinaan Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Keolahragaan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pemerintah Daerah pada pembinaan olahraga di Kota Palopo dalam upaya peningkatan prestasi olahraga dan untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat peningkatan prestasi Olahraga di Kota Palopo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian hukum Normatif-Empiris, yaitu suatu metode penelitian yang dalam hal ini menggabungkan unsur hukum normatif dengan pendekatan Undang-Undang yang kemudian didukung dengan penambahan data atau unsur empiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Yuridis Peran Pemerintah pada Pembinaan Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Keolahragaan Nasional sudah cukup bagus. Adapun faktor yang menghambat dalam pembinaan olahraga adalah Kurangnya lahan untuk pembangunan sarana olahraga di Kota Palopo, kurangnya anggaran dalam pengalokasian dana pembinaan Cabang Olahraga, kurangnya kerja sama antara Pemerintah dan pihak swasta dalam membantu meningkatkan pendanaan pembinaan olahraga di Kota Palopo.

References

Afrizal. 2005. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif: Dari Pengertian sampai Penulisan Laporan. Padang : Lab. Sosiologi FISIP UA.
Ahmad, Yani, 2002. Hubungan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ali, Hasyimi. 2002. Keterpurukan Hukum Di Indonesia. Jakarta: GhaliaIndonesia
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bauer, JeffreyC. (2003). Role Ambiguityand Role Clarity: A Comparisonof Attitudes in Germany and the United State Clermont: Dissertation, University of Cincinnati.
Harsuki. 2003. Pengantar Manajemen Olahraga. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hasibuan M.S.P. 2005. Organisasi dan Motivasi (Dasar Peningkaatan Produktivas). Jakarta: Bumi Aksara

Husdarta. 2011. Sejarah dan Filsafat Olahraga. Bandung: ALFABETA. Kemenpora.2010. Rencana Strategis Kementrian Pemuda dan Olahraga Tahun 2010-2014. Jakarta: Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.
Harsuki. 2003 Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar, Raja Grafindo Persada: Jakarta
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Poerwadarminto.1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rasyid M. Ryaas., dkk. 2002. Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Santoso, Slamet. 2010. Teori Psikologi Sosial.Bandung; Refika Adiatma.
Soekanto, S., 2009, Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers.
Soepartono. 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta: Depdiknas. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV
Thoha, Miftah. 2007. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Edisi 12. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Peraturan Perundang-Undangan
Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2005.Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.
Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 atas perubahan Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
Peraturan Daerah Kota Palopo Nomor 08 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.
Renstra Dispora 2018 - 2023
Dispora.2010. Kliping Berita Olahraga Dispora Sulawesi-Selatan.http://dispora.sulselprov.go.id/2010/06/klipping-berita-olahraga-dispora- sulsel.html?m=1 diakses pada tanggal 25 November 2015.
Koni Pusat. 1998. Pemanduan dan Pembibitan Bakat Usia Dini. Jakarta: Garuda Emas Koni
Published
2023-12-31