Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Sendana Kota Palopo
DOI:
https://doi.org/10.59183/r9mvbv14Keywords:
tingkat kepuasan, pelayanan informasi obatAbstract
Pelayanan informasi obat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Apoteker dalam pemberian informasi mengenai obat yang tidak memihak, dievaluasi dengan kritis dan dengan bukti terbaik dalam segala aspek penggunaan obat kepada profesi kesehatan lain, pasien atau masyarakat, informasi mengenai obat termasuk obat resep, obat bebas dan herbal. Informasi meliputi dosis, bentuk sediaan, formulasi khusus, rute dan metode pemberian, farmakokinetik, farmakologi, terapeutik dan alternatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Sendana Kota Palopo dan mengetahui penilaian pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Sendana Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuisioner sebagai instrumen pengumpulan data.. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang mendapat pelayanan di Puskesmas Sendana. Sampel penelitian sebanyak 88 orang dengan menggunakan rumus slovin. Variabel independent kepuasan pasien dan variabel dependent pelayanan kefarmasian. Instrument penelitian menggunakan lembar quisioner. Hasil penelitiann sebagian besar responden mendpatkan kualitas pelayanan informasi yang baik, hal ini dibuktikan dengan mayoritas responden menjawab puas pada kuosioner yang telah diberikan yaitu sekitar 78% begitupun dengan tingkat pelayanan onformasi obat yang mayoritas memberikan jawaban puas dengan tingkat pelayanan informasi obat yaitu sebesar 72% dari total 88 responden. Berdasarkan hasil uji korelasi yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel tingkatkepuasan pasien dan kualitas pelayanan informasi obat di Puskesmas Sendana Kota Palopo dimana nilai signifikasi 0.000<0,05 artinya terdapat hubungan antara tingkat kepuasan dan kualitas pelayanan informasi obat di Puskesmas Sendana Kota Palopo.
References
Adisasmito, Wika. 2010. Sistem Kesehatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Akbar D, dkk. 2018. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Puskesmas Karang Intan 2 Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Jurnal Ilmu Farmasi Vol. 2, No. 2, ISSN : 2548-3897.
Apriansyah, A, 2017. Kajian Pelayanan Informasi Obat di Apotek Wilayah Kota Tangerang Selatan. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.
Aryani, dkk. 2015. Analisa kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Jurnal Ilmu Farmasi Vol. 12, No. 1, ISSN : 1693-3591.
Aspuah, Siti. 2013. Kumpulan Kuisioner dan Instrumen Penelitian kesehatan.Yogyakarta : Nuha Medika.
Bertawati, 2013. Profil Pelayanan Kefarmasian dan Kepuasan Konsumen Apotik di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 2 Hal 1-11.
Chusna N, dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya. Jurnal Farmasi Vol. 1, No. 2, ISSN : 2621-4814.
Fatmawati A, dkk. 2018. Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Informasi Obat di Instalasi Farmasi Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Magelang Periode Februari 2016. Jurnal Farmasi Sains dan Praktis Vol.IV No.01.
Hayaza, Yaseer. 2013. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No. 2.
Helni, 2015. TingkatKepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek di Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniro, Vol.17, No. 2, ISSN : 0852-8349.
Hidayana dan Susilawati. 2016. Evaluasi Tingkat
Husein, Umar. 2010. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnnis Edisi II. Jakarta : PT.Raya Grafindo.
Imas N R dan Sri S W. 2016. Faktor Pelayanan Dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan, Indonesia Journal On Medical Sciense, Prodi Farmasi, Poltekkes Bhakti Mulia. Sukoharjo. Jakarta : Rineka Cipta. Pustaka Pelajar, hal 7.
Keban, dkk. 2013. Evaluasi Hasil Edukasi Farmasis pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta. Jurnal
Kefarmasian Indonesia Vol.11 No.1 Hal : 45-52.
Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. Jurnal Farmasi Vol. 1 No. 1, ISSN : 2621-4814.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2006. Pedoman Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan Repulik Indonesia, 2011, Modul Penggunaan Obat Rasional, Bina Pelayanan Kefarmasian, Jakarta.
Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Apotek Pelengkap Rumah Sakit Umum Daerah Arosuka Solok. Jurnal Farmasi dan Kesehatan Vol. 6 No. 1, ISSN : 2087-504
Lestari dan Faramita. 2019. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Labruk Kidul Lumajang. Lumajang.
Mansour, Fakih. 2013. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta
Mulianti, I. 2015. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Sungai Bilu Banjarmasin. Karya Tulis Ilmiah. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Banjarmasin
Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta Novaryatiin Susi, dkk. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan
Parasuraman A, dkk. 1988. SERVQUAL : A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing Vol. 64 No. 1, PP. 12-37.
Pohan, Imbalo S. 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC Prihartini Nita, dkk. 2019. Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit dan Puskesmas di 11 Provinsi di Indonesia. Jurnal Kefarmasian Indonesia Vol. 10 No 1ISSN : 2354-8770
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mega Buana Journal of Nursing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.